Sukses

[VIDEO] Upacara Hari Pahlawan, Sekolah Undang Para Veteran

Hari Pahlawan dirayakan dengan beragam cara. Seru!

Hari Pahlawan dirayakan dengan beragam cara. Ada pengalungan bunga bagi veteran, tabur bunga di perairan Teluk Jakarta, hingga kirab budaya rakyat.

Seperti dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (10/11/2013), upacara Hari Pahlawan di SMP Negeri 2 Sukoharjo Jawa Tengah berlangsung tidak biasa. Belasan veteran ikut serta dan disambut pengalungan bunga oleh para pelajar sebagai tanda terima kasih atas jasa-jasa mereka merebut kemerdekaan.

Para peserta upacara juga membawa poster-poster pahlawan. Lalu lagu-lagu perjuangan pun dinyanyikan bersama-sama.

Sementara tepat pukul 08.15 WIB, mengheningkan cipta dilakukan di kapal perang KRI Makassar. Hal itu dilakukan guna mendoakan para pahlawan yang gugur dalam pertempuran di laut. Setelah itu, disusul dengan tabur bunga oleh para veteran, pejabat negara, dan anggota TNI Polri.

Minggu petang, kirab budaya rakyat digelar di silang Monas Jakarta dan dilepas oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Belasan ribu pelajar dari seluruh wilayah di Jakarta, berpawai bersama komunitas berpakaian adat nusantara dan pasukan berkuda. Tujuannya menjadikan jakarta sebagai pusat budaya Nusantara dengan budaya betawi sebagai tuan rumah. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini