Sukses

[VIDEO] Sakari Ono, Dari Penjajah Jadi Tentara Indonesia

Aksi harakiri atau bunuh diri kerap dilakukan tentara Jepang pada masa perang. Namun Sakari Ono memilih jalan berbeda.

Aksi harakiri atau bunuh diri kerap dilakukan tentara Jepang pada masa perang. Namun Sakari Ono memilih jalan berbeda. Dari awalnya sebagai tentara Jepang, ia kemudian bergabung dengan tentara Indonesia melawan pasukan sekutu.

Menginjak 95 tahun, ingatan Sakari Ono masih kuat. Terutama saat menceritakan masa peperangan yang dilaluinya ketika masih bersama pasukan Jepang menjajah Indonesia.

Saat Jepang takluk, sebagian rekannya pulang ke negeri asalnya. Namun tidak sedikit pula yang mengakhiri hidup dengan harakiri. Sakari pun sempat ingin bunuh diri.

Namun Sakari tersadar dan memilih bergabung dengan tentara Indonesia berperang melawan tentara sekutu berjuang demi Indonesia. Sakari kehilangan lengan kirinya saat meledakkan markas Belanda. Kini Sakari hidup tenang bersama anak cucunya di Malang, Jawa Timur.

Sementara, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (10/11/2013), para veteran masih berjuang demi melanjutkan hidup. Seperti mawardi, veteran berusia 87 tahun yang pernah menjadi anggota Badan Keamanan Rakyat ini sudah 13 tahun tinggal di kontrakan kecil di Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara.

Mawardi yang pernah berjuang melawan sekutu ini baru tercatat sebagai anggota legiun veteran tahun 1981. Dengan gaji Rp 1, 2 juat per bulan, ia juga mendapatkan beberapa penghargaan dari presiden dan panglima TNI. namun kini Mawardi menghabiskan masa tua di rumah yang tergenang air. Untuk menambah penghasilan, Mawardi bekerja sebagai tukang rumput. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini