Sukses

[VIDEO] Peringati Hari Pahlawan, Ribuan Lilin Dinyalakan

Berbagai cara dilakukan warga untuk merayakan Hari Pahlawan. Berikat kisah perayaan dari Semarang, Garut dan Sleman:

Pelajar SMK di Semarang, Jawa Tengah nyalakan ribuan lilin guna mengenang para pahlawan. Selain menyalakan ribuan lilin simbol semangat dan kekuatan para pahlawan, seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Minggu (10/11/2013), peringatan Hari Pahlawan di halaman sekolah itu juga menghadirkan tokoh Pejuang Dwikora saat Indonesia berkonfrontasi dengan Malaysia pada 1963.

Sosok Rohadi, pejuang Dwikora yang hadir di tengah para pelajar, membakar semangat para siswa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada berunjuk rasa di bunderan kampus. Mereka mengajak seluruh bangsa Indonesia menghargai para petani, peternak dan nelayan sebagai pahlawan pangan.

Mahasiswa juga menggelar aksi teatrikal yang menceritakan terpuruknya nasib para pahlawan pangan, akibat ulah pemerintah dan para pemodal besar.

Sementara anggota TNI Kodim 0611 Garut, Jawa Barat, bersama warga dan para veteran perang kemerdekaan membersihkan Tugu Pertempuran Kubang. Mereka beramai-ramai membersihkan corat-coret tangan-tangan tak bertanggung jawab, di bangunan yang merupakan salah satu saksi bisu perjuangan kemerdekaan.

Adang, salah satu saksi hidup pertempuran Kubang, bercerita, "Di lokasi ini puluhan pejuang gugur saat mencegat iring-iringan tentara penjajah. Bermodal bambu runcing dan golok, para pejuang pantang mundur menyerbu tentara penjajah yang memasuki Garut." (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini