[VIDEO] Korban Tewas Topan Haiyan Filipina 1.200 Orang

on

Topan super Haiyan menimbulkan kerusakan parah di Filipina bagian tengah. Sementara jumlah korban jiwa terus bertambah. Palang Merah setempat menyatakan korban tewas lebih dari 1.200 jiwa.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (10/11/2013), jejak kekuatan topan Haiyan tampak jelas di Kota Tacloban, Filipina. Ratusan bangunan rusak, pepohonan dan tiang listrik tumbang serta kendaraan terbalik. Setelah topan super Haiyan menghantam pulau berpenduduk 2 juta jiwa ini.

Belum ada kepastian resmi jumlah korban tewas akibat bencana ini. Pemerintah menyatakan korban tewas lebih dari 100 jiwa. Sedangkan, Ketua Palang Merah Filipina Gwendolyn Pang menyebutkan korban tewas lebih dari 1.200 jiwa. Korban tewas terbanyak berada di Tacloban, yaitu seribu orang dikhawatirkan korban akan terus bertambah setelah tim SAR menyisir semua lokasi bencana.

Wisatawan diminta tidak mengunjungi daerah ini hingga akhir tahun mengingat seringnya badai yang terjadi. Haiyan adalah topan ke 24 yang menghantam filipina tahun ini. topan washi menewaskan 1200 orang dan merusak lebih dari 10 ribu rumah 2011 lalu.

Kini angin kencang Haiyan bergerak menuju Vietnam dan China dari arah Laut China Selatan.

Mengantisipasi bahaya itu, warga di Kota Da Nang, Vietnam melakukan segala persiapan untuk menghadapi badai Haiyan. Mereka menyiapkan karung berisi pasir untuk melindungi atap rumah supaya tidak beterbangan. Pemerintah Vietnam juga telah mengevakuasi lebih dari 100 ribu rakyatnya.

Topan super Haiyan kali ini masuk dalam kategori 5 dengan kecepatan hingga 315 km per jam. hembusan terkuat bjam. Itu sebabnya, badai super Haiyan disebut sebagai salah satu topan terdashyat yang pernah tercatat di bumi. (Adi)

Credit Adi

Suka artikel ini?

0 Comments