Sukses

Penyebab Banjir Jakarta, Ahok: Banyak Kabel di Selokan

Hujan lebat yang mengguyur Jakarta Jumat 8 November kemarin kembali menimbulkan genangan air di sejumlah titik.

Hujan lebat yang mengguyur Jakarta Jumat 8 November kemarin kembali menimbulkan genangan air di sejumlah titik. Bahkan, genangan tersebut mencapai ketinggian 10 hingga 50 centimeter yang berimbas terjadinya kemacetan lalu lintas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengakui salah satu penyebab terjadinya genangan karena saluran air di jalan-jalan ibukota masih dipenuhi kabel-kabel. Adanya kabel tersebut membuat air hujan dengan curah yang tinggi tidak dapat mengalir ke dalam saluran.

"Sampai saat ini selokan di Jakarta itu masih banyak kabel. Saya enggak pernah lihat di selokan kita enggak ada kabel," kata politisi Partai gerindra yang karib disapa Ahok itu di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (9/11/2013).

Mantan Bupati Belitung Timur tersebut menduga ada sejumlah oknum yang secara sengaja dan tidak bertanggung jawab memasukkan kabel-kabel ke dalam saluran air. Sehingga saluran didominasi kabel dan mengurangi daya tampung air.

Ia pun berharap 800 anggota Satgas Banjir dari Dinas PU DKI yang telah disiagakan segera melakukan perbaikan saluran air di wilayah Jakarta. Terutama dalam meningkatkan pengawasannya terhadap oknum yang menyalahgunakan fungsi saluran air.

"Yang pasti harus ada Satgas yang menjaga karena kan masih ada oknum yang memasukkan kabel ke selokan," tambah Ahok. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok