Sukses

PKS Mulai Pikirkan Capres, Muncul Nama Anis Matta dan Aher

Siapa tokoh yang akan diusung, PKS menyiapkan beberapa kandidat. Tapi, nama pertama yang disebut adalah Presiden PKS Anis Matta.

Geliat politik makin terasa jelang Pemilu 2014. Tiap partai mulai memikirkan untuk mengusung calon presiden, tak terkecuali Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Ada wacana cukup kuat dalam hadapi pemilu 2014, salah satu faktor yang akan sangat membantu mendongkrak elektabilitas partai adalah banyak tokoh nasional maju dalam Pilpres, entah itu capres atau cawapres," kata Wasekjen PKS Mahfudz Siddiq di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Terkait siapa tokoh yang akan diusung, PKS menyiapkan beberapa kandidat. Tapi, nama pertama yang disebut adalah Presiden PKS Anis Matta.

"Kalau berdasarkan pengalaman yang ada dan pernah terjadi, biasanya yang berpeluang untuk diajukan jadi capres melalui mekanisme syuro adalah ketua lembaga tinggi partai, ada Anis Matta, Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS Untung Wahono dan Ketua Dewan Syariah Surahman Hidayat," paparnya.

Selain 3 kandidat itu, nama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau biasa disapa Aher muncul. "Lalu yang juga berpeluang adalah kader PKS yang menjabat sebagai kepala daerah dan dianggap mumpuni. Misalnya, Aher (Gubernur Jawa Barat), karena dinilai dapat merepresentasikan Jawa Barat," tandas Mahfudz. (Mut/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.