Sukses

Cegah Banjir, Jokowi Juga Sebar Ribuan Tong Sampah

Tak cuma mengeruk waduk dan saluran air, Pemprov DKI Jakarta juga membagikan ribuan tong sampah.

Tak cuma mengeruk waduk dan saluran air, Pemprov DKI Jakarta juga membagikan ribuan tong sampah. Upaya-upaya ini dilakukan sebagai langkah antisipasi banjir akibat musim hujan. Gubernur DKI Jakarta Jokowi membeberkan, tong-tong sampah itu nantinya akan disebar ke beberapa titik.

"Nanti itu (tong sampah) akan ditempatkan untuk di kelurahan dan di jalan-jalan yang masih kurang. Dua minggu ini kita siapkan," ujar Jokowi di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2013).

Tong-tong sampah itu juga bakal diletakkan di pusat-pusat keramaian, seperti Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat dan taman atau ruang terbuka hijau yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Taman-taman itu seperti Taman Waduk Pluit dan Taman Waduk Ria Rio.

Dengan penempatan tong-tong di pusat keramaian itu diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk membuang sampah. "Tempatnya di taman-taman, jalan, pemukiman. Sampahnya juga kita bersihkan, di setiap sudut Ibukota," kata Jokowi.

"Kalau semua tempat yang sudah kita bersihkan, ya bersih," imbuhnya.

Kini Jokowi dan jajarannya juga tengah gencar-gencarnya membangun budaya hidup bersih pada masyarakat DKI. Sosialisasi dilakukan bahkan dari tingkat RT dan RW. Bahkan, Jokowi juga menggandeng grup musik Slank sebagai Duta Kebersihan Jakarta. Slank diharapkan bisa mengajak para anak muda untuk hidup bersih, dimulai dari kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.

"Ya itu kan cara-cara yang kita lakukan, tidak hanya tong sampah. Kalau penyuluhan kita sudah melakukan terus menerus, namun ingat membangun kesadaran ini butuh waktu," ujarnya.

Kehadiran Jokowi di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan ini untuk memastikan kesiapan Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengantisipasi penumpukan sampah saat musim hujan datang. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hujan

Video Terkini