Sukses

Jokowi: Mantan Walkot Jakut Masih Berpeluang Jadi Sekda

Dari posisinya sebagai Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono dirotasi menjadi Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Masyarakat.

Dari posisinya sebagai Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono dirotasi menjadi Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Bidang Kesejahteraan Masyarakat. Padahal sebelum dirotasi, Bambang sudah disebut-sebut sebagai salah satu calon kuat Sekda DKI Jakarta alias orang nomor 3 di Ibukota setelah gubernur dan wagub.

Namun meski kini menduduki jabatan Asisten Sekda, Bambang masih berpeluang untuk menjadi DKI-3. Gubernur DKI Jakarta Jokowi menjamin, semua calon masih berpeluang mengisi jabatan yang telah kosong selama 8 bulan itu, termasuk Bambang.

"Ya nggak apa-apa toh (dirotasi). Kenapa tidak ada peluang? Semua pasti (berpeluang). Lah wong kita belum tentukan calonnya, kan masih diseleksi," ujar Jokowi usai pelantikan 5 pejabat eselon II di Balaikota, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Lantas, mungkinkah pelantikan Asisten Sekda itu merupakan langkah Jokowi memuluskan langkah Bambang sebagai Sekda? "Ya masa saya beritahukan ke dikau-dikau ini," ujar Jokowi sambil tersenyum.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta I Made Karmayoga menyatakan, pergantian jabatan baru Bambang tidak akan mempengaruhi proses seleksi pencalonan dirinya. Karena itu, sama seperti Jokowi, Made menilai Bambang masih berpeluang menjadi DKI-3.

"Kemungkinan itu apa saja. Kan memilih calon sekda dari lingkungan Pemprov DKI hak prerogatif gubernur. Karena dia adalah pembina kepegawaian daerah," jelas Made.

Lantas berapa peluang Bambang untuk mengisi jabatan Sekda? "Kalau level sekda bukan porsi saya. Itu porsinya gubernur. Itu kan hak prerogatif gubernur," pungkas Made. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini