Sukses

[VIDEO] Arakan Lampion Warna-warni Sambut Tahun Baru Islam

Ribuan warga di Lombok, Nusa Tenggara Barat turun ke jalan berkeliling kota dengan mengarak lampion aneka warna dan obor.

Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1435 Hijriah, ribuan warga di Lombok, Nusa Tenggara Barat turun ke jalan berkeliling kota dengan mengarak lampion aneka warna dan obor.

Selain sebagai tradisi tahunan menyambut Tahun Baru Islam, pawai lampion juga digelar warga sebagai ajang silaturrahmi dan lebih membumikan tradisi serta nilai nilai islam di kalangan masyarakat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (4/11/2013), ribuan warga dari berbagai desa di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu 3 November 2013 malam tumpah ruah di sepanjang jalan Kota Selong, Lombok Timur guna mengikuti parade lampion dan obor menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharam 1435 yang jatuh pada hari Selasa 4 November besok.

Selain membawa obor dan lampion warna-warni, masing masing perwakilan kelompok peserta mengarak sejumlah hiasan lampion berupa replika masjid yang dihias dengan aneka lampu warna warni.

Dengan melantunkan syair puji-pujian kepada sang pencipta dan Nabi Muhammad SAW, ribuan peserta yang terdiri dari anak-anak, pelajar hingga orang dewasa, berjalan kaki mengelilingi pusat Kota Selong sebagai bentuk harapan agar mendapat karunia yang melimpah pada tahun yang akan datang.

Tak hanya sebagai tradisi tahunan yang rutin digelar pemerintah daerah setempat, parade lampion ini juga digelar sebagai ajang silaturrahmi antar-warga sekaligus bertujuan lebih membumikan tradisi serta nilai-nilai islam di kalangan warga masyarakat yang belakangan mulai luntur akibat perkembangan zaman.

Selain menggelar pawai, sejumlah kegiatan lain juga akan digelar pemda setempat memeriahkan peringatan Tahun Baru 1 Muharram mulai tanggal 3 hingga 5 November mendatang, di antaranya lomba seni membaca dan menghafal Alquran hingga kegiatan sosial lain, seperti pembagian 700 ton beras kepada kaum duafa dan fakir miskin sebagai wujud berbagi dan kepedulian pada sesama. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini