Sukses

Gunung Sinabung Siaga, Warga 4 Desa Diungsikan

Dengan kenaikan status itu warga yang berada dalam radius 3 kilometer dari kawan Sinabung segera diungsikan.

Gunung berapi Sinabung, Karo, Sumatera Utara, dinaikkan statusnya dari Waspada menjadi Siaga mulai hari ini. Dengan kenaikan status itu warga yang berada dalam radius 3 kilometer dari kawan Sinabung segera diungsikan.

"Masyarakat di desa Sukameriah, Bekerah, Simacem dan Nardinding yang berada dalam radius 3 km dan berada di depan bukaan kawah untuk diungsikan terlebih dahulu," terang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Minggu (3/11/2013).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM menjelaskan, status Siaga ditetapkan karena adanya peningkatan kegempaan dan bertambah tingginya kolom letusan abu.

"Terdengar suara gemuruh sampai ke Pos Pengamatan Simpang Empat dengan lama 10 Menit. Letusan Gunung Sinabung semakin sering dan ketinggian letusan semakin tinggi," ujar Sutopo.

Erupsi terjadi hari ini sekitar pukul 01.26 WIB dini hari tadi. Erupsi itu sempat memuntahkan abu vulkanik mancapai 7.000 m dengan arah angin ke barat. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini