Sukses

Presiden China Larang Pejabat Kirim Kartu Ucapan

Pejabat di China dilarang mengirim atau mencetak kartu tahun baru jika menggunakan anggaran negara. Hal itu dianggap pemborosan.

Pejabat di China dilarang mengirim atau mencetak kartu tahun baru atau kalender jika menggunakan anggaran negara. Larangan dari Partai Komunis China itu adalah langkah terbaru pemerintah mengatasi pemborosan, gaya hidup mewah, dan suap pejabat.

"Pencetakan dan produksi semakin jadi gaya hidup bermewah-mewah, dan pemborosan makin besar" kata Pemerintah Pusat China pada situs resmi seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/11/2013).
 
Larangan tersebut mencakup semua departemen pemerintahan, partai, industri milik negara, dan badan-badan keuangan. Pengecualian diberikan kepada instansi yang berurusan dengan orang asing dan luar negeri, selama mereka bisa mengendalikan biaya.

Presiden China Xi Jinping telah berupaya merespons kegeraman masyarakat atas perilaku ilegal atau tidak etis pejabat partai, terutama gaya hidup mewah yang dianggap sebagai hasil korupsi.

Sejak menjabat pada Maret lalu, Xi menyebut korupsi sebagai sebuah ancaman bagi kelangsungan partai dan berjanji akan menindak `harimau` maupun `lalat` yang melakukan korupsi. (Ant/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

Video Terkini