Sukses

Mahfud MD: Hamdan Zoelva Itu Cermat, Tak Masalah dari Parpol

Banyak Hakim MK yang sebelumnya juga berlatar belakang dari partai politik, termasuk Mahfud MD.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai ketua lembaga pengadil konstitusi yang baru, Hamdan Zoelva adalah sosok yang santun dan bersih. Juga mempunyai potensi untuk jadi Ketua MK

"Saya melihat sosok Hamdan Zoelva ini orangnya bersih ya, Soal kapasitasnya terus terang kita melihat Hamdan ini orang yang cermat, tekun, hati-hati, potensial juga. Tetapi tentu plus minus setiap orang ada nanti dilihat saja perkembangannya," kata Mahfud di kantor MMD Initiative, Jalan Dempo Nomor 3, Jakarta Pusat, Sabtu (2/11/2013).

Meskipun Hamdan Zoelva berasal dari partai politik, Mahfud mengaku tak mempermasalahkan latar belakang tersebut. Mahfud pun mengakui, jika banyak Hakim MK yang sebelumnya juga berlatar belakang dari partai politik, termasuk dirinya.

"Ya, banyak yang khawatir tapi sudah terplih dan itu tidak melanggar undang-undang kok, bagi saya sama saja ya asal punya potensi dan kapasitas," papar Mahfud.

Mahfud menjelaskan, apa yang terjadi pada Akil Mochtar -- yang jadi tersangka kasus korupsi dan diduga terkait temuan narkoba di ruang ketua MK, tak bisa dijadikan penilaian terhadap semua orang yang berlatar belakang politik.

"Jadi bukan karena politiknya tapi karena moralnya, Akil itu terlibat dalam kasus yang menyangkut Partai Demokrat, Golkar, PDIP, menyangkut partai lain juga. Jadi bukan soal dia dari parpol mana, tapi moralitas," tandas Mahfud.

Hamdan Zoelva baru saja terpilih sebagai Ketua MK menggantikan Akil Mochtar yang tersangkut kasus suap dalam Pilkada Lebak dan Gunung Mas, dan telah diberhentikan secara tidak hormat oleh Majelis Kehormatan MK. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini