Sukses

Hamdan Zoelva Dilantik Jadi Ketua MK Pekan Depan

Rencananya pelantikan akan digelar pada Jumat pekan depan.

Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva dan Arief Hidayat secara resmi menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi. Keduanya terpilih melalui pemilihan suara 8 hakim konstitusi.

Meski keduanya telah resmi menjadi ketua dan wakil, namun keduanya baru akan mengucapkan sumpah jabatan dan dilantik yang rencananya akan berlangsung Rabu 6 November 2013 pekan depan.

"Pengucapan sumpah Ketua dan Wakil Ketua MK terpilih akan dilaksanakan hari Rabu 6 November 2013 pukul 14.00 di Gedung Mahkamah Konstitusi," kata Hamdan Zoelva di ruang sidang utama gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2013).

Hamdan dan Arief akhirnya resmi mengemban tugas sebagai ketua dan wakil ketua MK menggantikan tersangka kasus suap sengketa Pilkada Akil Mochtar yang baru saja dicopot secara tidak hormat di hari yang sama.

Keduanya berhasil memenangkan rapat pleno pemungutan suara pemilihan ketua dan wakil ketua MK. Hamdan memperoleh 5 suara dari hasil 2 putaran pemungutan suara sementara Arief mendapat 5 suara dari haris 3 putaran pemungutan suara. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.