Sukses

[VIDEO] Ajak Berdemo, Buruh Diturunkan dari Bus Jemputan

Sejumlah bus diminta melanjutkan perjalanan, sementara para buruh yang umumnya perempuan ini terpaksa berkumpul di sisi jalan.

Aksi mogok nasional di Purwakarta, Jawa Barat, masih berlanjut hingga hari ini, Jumat (1/11/2103). Ribuan buruh yang melakukan aksi mogok nasional ini menghentikan bus yang mengangkut karyawan pabrik dan mengajak mereka ikut berunjuk rasa.

Seperti tayangan Liputan 6 Siang SCTV, niat para buruh menuju tempat mereka kerja batal lantaran bus karyawan yang membawa mereka dihentikan sesama rekan buruh di tengah perjalanan. Sejumlah bus diminta melanjutkan perjalanan, sementara para buruh yang umumnya perempuan ini terpaksa berkumpul di sisi jalan.

Praktis, aktifitas ini menyebabkan ruas jalan menuju kawasan industri kota Bukit Indah macet. Karena sebagian buruh memarkirkan sepeda motornya di satu lajur jalan.

Hari ini mereka akan beraksi ke kantor Disnaker dan kantor Pemda Purwakarta guna menuntut kenaikkan upah tahun 2014 sebesar 50%, dan  kembali menyuarakan tuntutan penghapusan sistem outsourcing atau kerja alih daya yang dianggap merugikan kaum buruh.

Pada waktu yang sama, ratusan buruh di Depok, Jawa Barat sejak pagi berkumpul di Jalan Juanda. Mereka berkonvoi menuju Balaikota DKI setelah sebelumnya sempat didahului dengan konsolidasi dan koordinasi.

Para buruh ini akan bergabung dengan buruh lainnya dari berbagai daerah se-Jabotabek untuk bersama-sama menyuarakan tuntutan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP).

Massa yang tergabung dalam Forum Buruh Depok akan membantu buruh DKI agar permintaan kenaikan upah Rp 3,7 juta dipenuhi Pemprov DKI. Karena dikabarkan Pemprov DKI telah menanda tangani kenaikan UMP DKI Rp 2,4 juta, dan itu yang ditolak para buruh. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini