Sukses

Kawasan Pulogadung Mulai Dibanjiri Demo Buruh

Rencananya para buruh ini akan melakukan unjukrasa hari kedua aksi mogok massal. Mereka bahkan siap melumpuhkan ring 1 Jakarta.

Ribuan buruh pabrik mulai memadati kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Kedatangan mereka masih dalam rangka aksi mogok massal setelah dilakukan hari pertama Kamis 31 Oktober kemarin.

Informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Jumat (1/11/2013), massa buruh mulai berdatangan sekitar pukul 09.30 WIB di kawasan industri.

Mereka beriring-iringan sepeda motor. Diantara mereka membawa bendera aliansi serikat buruh tempat mereka bernaung yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia.

Akibat iring-iringan ini, kedua arah lalulintas di Jalan Raya Bekasi-Pulogadung padat merayap. Sejumlah petugas sudah siaga di lokasi tersebut, dan terus berusaha menertibkan arus lalulintas.

Sekitar pukul 10.04 WIB massa buruh yang beriringan sepeda motor ini juga terlihat berkumpul di kolong flyover depan kampus IBI di Jalan Yos Sudarso, Kelapa Gading, Jakarta Utara menuju Balaikota. Begitu juga dari arah Lotte Kuningan ke Sudirman, Jakarta Selatan.

Kendati di kawasan Jalan Sudirman menuju ke arah Bundaran HI masih ramai lancar. Sebaliknya, dari arah Thamrin menuju Sudirman arus lalulintas cukup padat. Para buruh belum terlihat di kawasan ini.

Sebelumnya, tujuan aksi yang tergabung dalam KSPI ini menuntut kenaikan upah minimum DKI Rp 3,7 juta, mendesak Pemerintah melaksanakan jaminan kesehatan 1 Januari 2014 tidak bertahap 2019, dan segera menghapus outsourcing termasuk outsourcing BUMN.

Selain itu, mereka juga mendesak pemerintah agar mengesyahkan RUU Pekerja Rumah Tangga, menghapus UU Organisasi Masyarakat, dan mendesak pencopotan Kapolres Kabupaten Bekasi dari jabatannya karena membiarkan aksi kekerasan dalam mogok nasional buruh kemarin di Bekasi. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini