Sukses

Jokowi Akhirnya Teken UMP DKI Rp 2,4 Juta

Gubernur Jokowi mengaku telah menyetujui jumlah Upah Minimun Provinsi (UMP) DKI Jakarta atas hasil rekomendasi Dewan Pengupahan.

Jokowi akhirnya menandatangani Upah Minimun Provinsi (UMP) DKI Jakarta atas hasil rekomendasi Dewan Pengupahan. Nilai UMP yang diputuskan Dewan Pengupahan yang terdiri dari berbagai unsur itu akhirnya diteken Jokowi dengan jumlah Rp 2.441.000.

"Saya sudah setujui dari rekomendasi yang dikeluarkan oleh Dewan Pengupahan. Jumlahnya Rp 2,4 jutaan, " ujar Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo itu di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat, (1/11/2013).

Jokowi menuturkan, dalam rapat penentuan UMP tersebut, ada 2 rekomendasi yang muncul dari unsur pengusaha yang diwakilkan oleh APINDO dan dari unsur pemerintah yang diwakilkan oleh Disnakertrans DKI Jakarta.

"Ada 2 rekomendasi. Pertama, dari unsur pengusaha meminta agar jumlah UMP sama dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) 2013, yaitu Rp 2.290.000. Dan dari Dewan Pengupahan berdasarkan rapat yang mereka lakukan selama 3 hari ini secara maraton sebesar Rp 2.441.301,74," ucapnya.

Dengan diputuskannya jumlah UMP tersebut, maka besaran UMP untuk tahun 2014 nanti mengalami kenaikan sekitar 6 persen dari jumlah UMP tahun ini sebesar Rp 2.216.243. "Iya, kira-kira naik sekitar 6 persen dibanding tahun ini," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, dalam rapat final, keputusan Dewan Pengupahan yang berakhir tadi malam seharusnya ada 3 rekomendasi. Tapi karena perwakilan buruh tak hadir, maka hanya menghasilkan 2 rekomendasi, yaitu dari pihak pengusaha yang diwakili oleh Apindo dan dari pihak pemerintah. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • UMP adalah singkatan dari Upah Minimum Provinsi.

    UMP

Video Terkini