Sukses

[VIDEO] Buruh di Daerah Juga Turun ke Jalan

Para buruh di daerah yang menuntut kenaikan upah hingga 50 persen juga turun ke jalan.

Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia memblokir jalan menuju Kawasan Industri di Bukit Indah Purwakarta, Jawa Barat. Para buruh menuntut kenaikan upah hingga 50 persen.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Kamis (31/10/2013), para buruh meletakkan sepeda motor dan mobil di tengah jalan untuk memblokade Kawasan Industri di Bukit Indah Purwakarta. Massa melakukan orasi di tengah jalan, mereka menyuarakan tuntutan kenaikan upah menjadi Rp 2,7 juta.

Massa selanjutnya bergerak menuju kantor Dinas Tenaga Kerja dan Kantor Bupati Purwakarta.

Mogok kerja dan turun ke jalan menuntut kenaikan upah, juga dilakukan ribuan buruh di Jombang, Jawa Timur. Mereka mengancam bila tuntutan mereka tidak dipenuhi, maka Jumat besok akan melakukan aksi lebih besar dan mendatangi pabrik-pabrik untuk men-sweeping buruh yang masih bekerja.

Buruh di Kawasan Industri Serang Timur juga ikut beraksi. Demo mereka merupakan rentetan dari demo sebelumnya, yang menuntut kenaikan upah di Kabupaten Serang.

Mereka mengawalinya dengan melakukan konvoi ke Kota Serang, dan beraksi  di Gedung Pendopo Gubernur Banten. Sejak pagi, buruh berkumpul di depan pabrik dan men-sweeping buruh lain agar ikut melakukan aksi demo bersama.

Buruh menolak bekerja, memilih melakukan aksi itu sejak pukul 08.00 pagi tadi. Tuntutan buruh tetap pada UMK sebesar Rp 3,7 juta, sedangkan sebelumnya Rp 2,8 juta. (Tnt/Ism)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini