Sukses

Ratusan Buruh Berdatangan ke Pelabuhan Tanjung Priok

Para buruh tersebut akan melakukan aksi mogok kerja sampai Senin 4 November mendatang

Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia (SBTPI) mulai berdatangan ke depan Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Di tempat tersebut memang sudah direncanakan sebagai pusat titik kumpul buruh dari berbagai serikat dan pabrik di kawasan Jakarta Utara.

"Kemungkinan akan tetap di sini sampai siang. Kami masih menunggu kawan-kawan buruh dari Cakung, Marunda, Cililitan, Ancol, dan Sunter. Semuanya secara keseluruhan berkumpulnya memang di depan pos 9," kata salah seorang koordinator buruh, Deni, Kamis (31/10/2013).

Deni mengungkapkan, para buruh tersebut akan melakukan aksi mogok kerja sampai Senin 4 November mendatang. Hal tersebut didasari dengan kesepakatan pihak perusahaan tempat para buruh bekerja.

"Kita mogok sampai dengan hari Senin, karena pihak perusahaan mau menjamin akan berunding dengan kami hari Senin itu dan akan ada beberapa kesepakatan nantinya," ungkap Deni.

Dalam aksi buruh ini, ratusan personel kepolisian dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok disiagakan.

Seperti diketahui, sejak tidak ada titik temu antara serikat buruh, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan pemerintah, terkait tuntutan buruh seperti soal kenaikan upah, hapus outsorcing, jaminan kesehatan dan penghapusan Inpres No. 9, buruh mengancam akan melakukan aksi Mogok secara Nasional. (Yus/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini