Sukses

Dikuasai `Musang`, Bandara Ranai Riau Diambil Alih TNI AU

366 Personel Pasukan Khusus TNI AU 'dimuntahkan' dari 7 Pesawat C130 Hercules di Bandara TNI AU Ranai, Riau, Kamis ini.

Sebanyak 366 Personel Pasukan Khusus TNI AU diterjunkan dari 7 Pesawat C130 Hercules di Bandara TNI AU Ranai, Riau. Penerjunan pasukan dilakukan guna merebut kembali bandara yang telah direbut 'musang' (musuh anggapan).

Pantauan Liputan6.com, Kamis (31/10/2013), satu per satu pasukan khusus TNI AU 'dimuntahkan' dari perut pesawat Hercules yang terbang dari Skuadron 31 Halim Perdanakusumah, Jakarta dan Skuadron 32 Abdurrahman Saleh, Malang, Jawa Timur. Mereka menyebar di sekitar landasan pacu bandara.

Saat penerjunan berlangsung, 2 pesawat tempur super canggih Sukhoi SU-27/30 terbang di sekitar pesawat Hercules untuk mengawal para prajurit dari serangan musuh. Setelah prajurit sukses mendarat, pesawat Sukhoi itu pun meninggalkan Hercules.

Sukses mendarat, para prajurit tersebut langsung merangsek ke sasaran bandara yang dikuasai. Sejumlah tembakan pun dilepaskan untuk menaklukan kekuatan musuh.

Musuh yang sudah tak berkutik, akhirnya menyerah dan Bandara Ranai kini berhasil direbut kembali oleh Pasukan Khusus TNI AU.

Peristiwa itu merupakan simulasi TNI AU dalam Latihan Angkasa Yudha 2013 di Lanud Ranai, Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Acara itu berlangsung dari 30-31 Oktober 2013. Sejumlah pesawat tempur seperti Sukhoi, F16, super Tucano dan Hawk terlihat ikut ambil bagian dalam latihan ini.

Latihan Angkasa Yudha 2013 ini, mengusung tema 'Kogasudgab (Komando Tugas Udara Gabungan) beserta kekuatannya melaksanakan operasi udara di Pulau Natuna dan sekitarnya, guna mendukung Kogab TNI dalam rangka menjaga keutuhan NKRI'. Tema tersebut sengaja dipilih, karena kondisi lingkungan strategis kawasan memiliki potensi konflik yang cukup serius. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.