Sukses

BNN: Akil Bersentuhan dengan Ganja, Tapi Tidak Positif Konsumsi

Sumirat menjelaskan ada 3 kemungkinan mengapa tes urine yang dilakukan sebelumnya menunjukkan Akil tidak terbukti menggunakan narkoba.

Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan DNA Akil Mochtar identik dengan profil pada linting ganja yang ditemukan di laci meja kerjanya. Meski pemeriksaan urine beberapa waktu lalu menunjukkan Ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif itu negatif menggunakan narkoba, BNN menyatakan ganja itu pernah disentuh oleh Akil.

"Kita tidak menyimpulkan positif menggunakan, tapi profil DNA-nya identik dengan barang tersebut. Tidak terkait positif atau tidak. Tes DNA ini menunjukkan Beliau pernah bersentuhan dengan barang tersebut," kata Juru Bicara BNN Kombes Pol Sumirat Dwi Cahyo di Kantornya, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Sumirat menjelaskan, ada 3 kemungkinan mengapa tes urine yang dilakukan sebelumnya menunjukkan Akil tidak terbukti menggunakan narkoba. Pertama, Akil tidak tertangkap tangan sedang menggunakan nakotika. Ke dua, penggunaan narkotika jaraknya terlalu jauh dengan pemeriksaan. Dan ke tiga, penggunaan narkotika itu sangat jarang.

"Jadi tes ini tidak membuktikan seseorang pemakai atau bukan. Yang pasti hasilnya pernah bersentuhan, oleh karena itu akan ada langkah lebih lanjut pemeriksaan tim dokter terhadap Beliau," tutur dia.

Dengan hasil ini, Sumirat menambahkan, Akil diduga sebagai pengguna. "Oleh karena itu, BNN akan melakukan assesmen terhadap Pak AM melalui tim dokter sesuai dengan perautan perundangan yang berlaku. Ancaman hukuman pengguna adalah maksimal 4 tahun," tutup Sumirat. (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.