Sukses

Pesawat Jatuh di Landasan, Petugas Bandara Tidak Tahu

Petugas bandara tak tahu ketika pesawat jatuh di landasan.

Pesawat berukuran kecil jatuh dan terbakar di Landasan Bandara Nashville, Amerika Serikat. Namun petugas yang berada di bandara malah tidak tahu ada kejadian tersebut. Pilot yang satu-satunya berada di dalam pesawat tewas.

Kejadian terjadi pada Selasa 29 Oktober kemarin. Tapi tak diketahui pasti kapan pesawat jatuh. Diduga kuat, pesawat jatuh sekitar pukul 03.00 dini hari. Adanya burung besi yang jatuh itu baru diketahui pada pagi harinya, saat matahari baru terbit dan sejumlah pesawat mulai lepas landas.

"Pesawat Cessna terdaftar milik Klub Terbang Windsor di Ontario, Kanada itu diperkirakan jatuh sekitar pukul 3 dini hari," demikian pernyataan Badan Keamanan Transportasi Nasional, seperti dimuat CNN, Rabu (30/10/2013).

Pada pagi hari itu, petugas bandara menemukan penutup mesin pesawat berserakan di landasan 2C, 1 dari 3 landasan yang ada di bandara tersebut. Saat itu juga, petugas bandara langsung menghubungi rekan-rekannya untuk mengevakuasi bangkai pesawat.

Ketidaktahuan petugas saat pesawat jatuh ini menuai banyak pertanyaan. Bagaimana bisa petugas tidak tahu ada pesawat jatuh, padahal mereka berjaga selama 24 jam.

Juru bicara Badan Penerbangan Federal AS (FAA) menduga ketidaktahuan petugas ini lantaran tebalnya kabut pada malam hari yang membuat jarak pandang menjadi pendek. Petugas tak bisa mengawasi apa yang terjadi pada jarak yang agak jauh.

"Ada kemungkinan karena kabut dan minimnya jarak pandangan," ujar juru bicara yang tak disebutkan namanya.

Dia menambahkan pihaknya belum bisa memastikan apakah pilot pesawat sempat mengontak petugas sebelum kecelakaan terjadi. "Ini masih dalam penyelidikan." (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini