Sukses

[VIDEO] Batik Cantik Lewat Jemari Kaki Gadis Difabel

Sehelai kain batik buatan ayu dihargai Rp 2-3 juta. Sayang, Ayu hanya mendapat seperlima bagian dari hasil jerih payahnya.

Meski terlahir dengan keterbatasan, Ayu Trihadayani mampu berbuat luar biasa. Tangannya memang tak berkembang sempurna, namun gadis 22 tahun itu mampu melahirkan karya-karya batik yang indah.

Ayu terbiasa menyusuri pinggiran Kota Solo seorang diri untuk mengambil kain batik yang akan dia kerjakan. Sebuah sepeda kecil dikayuhnya seolah tanpa kesulitan. Kedua kakinya selama ini memang dilatih layaknya fungsi tangan, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (30/10/2013).

Teknik membuat batik dipelajari Ayu. Goresan-goresan cantingnya menghasilkan karya batik yang tak kalah indah dengan buatan tangan. Melihat kepiawaian Ayu membatik, seorang pengusaha tertarik mengajaknya bekerja sama.

Ayu ikut dilibatkan dalam proses menorehkan lilin dengan canting yang dilakukannya menggunakan kaki. Selembar kain batik ia hasilkan selama 2 minggu. Hasil karyanya kerap dipasarkan melalui berbagai pameran di Indonesia. Pecinta batik tanah air pun menyukai batik buatannya.
 
Sehelai kain batik buatan ayu dihargai Rp 2-3 juta. Sayang, Ayu hanya mendapat seperlima bagian dari hasil jerih payahnya. Karena itu anak kedua dari empat bersaudara ini bercita-cita ingin memproduksi dan menjual batiknya sendiri.
 
Gadis difabel ini pun bekerja keras belajar mendesain dan membuat motif batik sendiri sembari mengasah keterampilannya yang lain, merangkai manik-manik. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.