Sukses

[VIDEO] Jakarta Hujan Deras, Pohon-pohon Bertumbangan

Diimbau, warga diminta agar melaporkan adanya pohon besar di lingkungan mereka untuk mengantisipasi pohon tumbang.

Hujan deras sepanjang hari Selasa 29 Oktober kemarin menyebabkan sejumlah pohon bertumbangan di berbagai lokasi di ibukota dan sekitarnya. Selain membahayakan, tumbangnya pohon memicu kemacetan lalu lintas.

Seperti tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (30/10/2013), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah ibukota yang diprediksi rawan angin kencang adalah Jakarta bagian selatan dan timur.

Sementara di Jalan Kenanga, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, garis polisi terpasang di lokasi tumbangnya pohon kapuk besar berdiameter 2,5 meter itu. Petugas membersihkan dan memotong kayu pohon tumbang ini, tetapi diperkirakan butuh seminggu lebih untuk membersihkan total seluruh batang pohon.

Pohon yang tumbang menimpa sebagian rumah warga sehingga pembersihan harus dilakukan dengan hati-hati, agar tidak menimbulkan kerusakan lebih parah.

Diimbau, warga diminta agar melaporkan adanya pohon besar di lingkungan mereka untuk mengantisipasi pohon tumbang. BMKG juga mengingatkan warga agar waspadai hujan dan angin kencang yang datang tiba-tiba, yang menandai masa peralihan ke musim hujan. Diperkirakan, musim penghujan akan melanda hingga Januari tahun depan.

Menurut BMKG, hujan deras yang disertai angin kencang beberapa hari terakhir, menandai masa transisi menuju musim hujan. Diperkirakan akan melanda wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini