Sukses

KPK: Kasus Hambalang Selesai Tahun Ini

"Semua yang berkaitan dengan Hambalang kami harapkan bisa diselesaikan tahun ini," kata Bambang Widjojanto.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempercepat pengusutan dugaan korupsi proyek pembangunan pusat olahraga Hambalang, Bogor, Jawa Barat. KPK bahkan berharap kasus korupsi proyek bernilai triliunan rupiah itu bisa diselesaikan tahun ini.

"Semua yang berkaitan dengan Hambalang kami harapkan bisa diselesaikan tahun ini," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto saat dihubungi di Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Menurut bambang, saat ini penyidik KPK tengah mengiatkan pemeriksaan sejumlah saksi. Sehingga, harapan untuk menyelesaikan kasus Hambalang pada tahun ini bisa tercapai. "Kemarin Ketua DPR sudah diperiksa. Itu bagian dari proses intensifikasi," ujar Bambang.

Ketua KPK Abraham Samad sudah menegaskan bahwa kasus Hambalang dan skandal Bank Century merupakan kasus yang menjadi prioritas lembaganya. Bahkan, penyidik yang menangani 2 kasus itu tidak dilibatkan dalam perkara lainnya.

Pada kasus Hambalang, KPK telah menetapkan 3 orang sebagai tersangka. Mereka adalah mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, mantan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Kemenpora Dedy Kusnidar, serta Ketua Konsorsium dari PT Adhi Karya dan PT Wijaya Karya Teuku Bagus Mokhammad Noor.

Sedangkan dalam dugaan gratifikasi proyek bernilai Rp 2,5 triliun tersebut, KPK telah menetapkan mantan Ketua Partai Demokrat Anas urbaningrum sebagai tersangka. Anas disangkakan telah menerima gratifikasi berupa mobil Toyota Harier dari PT Adhi Karya selaku perusahaan kontraktor proyek Hambalang. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini