Sukses

Gempa 5,6 SR Guncang Talaud

Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter mengguncang kepulauan Talaud, Sumatera Utara jelang tengah malam.

Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter mengguncang kepulauan Talaud, Sulawesi Utara jelang tengah malam.

Menurut data dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Selasa (29/10/2013), guncangan gempa terjadi pada pukul 22:45:28 WIB.

Mengutip dari situs tersebut, lokasi gempa itu berada di 61 km barat daya di kepulauan Talaud. Dengan posisi lokasi gempa berada pada garis lintang 4.29 dan garis bujur 126.26. Sementara pusat gempanya pada kedalaman 93 kilometer.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa yang timbul akibat guncangan gempa 5,6 skala Richter itu.

Dilansir dari berbagai sumber, Talaud adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia dengan ibu kota Melonguane. Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud pada tahun 2000. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi.

Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan daerah bahari dengan luas lautnya sekitar 37.800 Km² (95,24%) dan luas wilayah daratan 1.251,02. Terdapat tiga pulau utama di Kabupaten Kepulauan Talaud, yaitu Pulau Karakelang, Pulau Salibabu, dan Pulau Kabaruan.

Kondisi Kabupaten Kepulauan Talaud, termasuk dalam 199 daerah tertinggal di Indonesia, dan masih terisolir karena berbagai keterbatasan infrastruktur dasar, ekonomi, sosial budaya, perhubungan, telekomunikasi dan informasi serta pertahanan keamanan. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini