Sukses

Dahlan Iskan Dapat Gelar Kehormatan di Filipina

Ini adalah gelar doktor pertama yang diberikan Universitas Arellano pada tokoh di luar Filipina.

Menteri Negara BUMN mendapat gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa bidang kemanusiaan dari Universitas Arellano, Filipina. Penganugerahan gelar diberikan langsung oleh Direktur Komisi Pendidikan Tinggi Nasional Filipina Dr Chatherine Q Castenada dan Rektor Universitas Arrelano Sir Fransisco Paulino Cayco di Gedung Philippine International Convention Center, Filipina.

Ini adalah gelar doktor pertama yang diberikan Universitas Arellano pada tokoh di luar Filipina selama Universitas Katolik ini berdiri selama 75 tahun.

"Kiprah Dahlan Iskan sebagai pemimpin dan sebagai pribadi adalah berkat besar untuk Bangsa Indonesia dan sebagai negara tetangga Filipina dapat mengambil pelajaran dan komunikasi lebih baik bagi figur Dahlan Iskan," kata Sir Paulino Cayco di Gedung Philippines International Convention Center, Manila, Filipina, Selasa (29/10/2013).

Dia menjelaskan, pemberian gelar kehormatan di negeri yang dipimpin Presiden Benigno Aquino itu melalui persyaratan yang ketat, pengamatan yang mendalam karena harus memenuhi standar penilaian yang diatur oleh pemerintah melalui institusi Commission of Higher Education (CHED) -- lembaga setingkat kementerian di bawah presiden.

"Anugerah gelar DR HC bisa diberikan kepada seseorang bukan dalam bidang akademis, tetapi kepada mereka yang bisa mengimplementasikan program kerja di masyarakat baik di dalam atau di luar negeri," jelas Paulino.

Utusan khusus Presiden SBY yang mendampingi Dahlan menerima gelar kehormatan, TB Silalahi menyatakan, nama Dahlan Iskan cukup populer di Filipina, baik sebagai Menteri BUMN maupun sebelumnya sebagai jurnalis. "Beberapa pemimpin redaksi dari media di Filipina bersahabat dengan Dahlan," kata Silalahi.

Dahlan Iskan sebagai menteri BUMN dianggap berhasil mempelopori dan menggalang kerja sama antara Filipina-Indonesia dalam berbagai usaha di bawah naungan Kementerian BUMN. Karenanya, Universitas Arellano yang melihat kinerja tersebut memutuskan untuk memberikan penghargaan kepada Dahlan Iskan. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini