Sukses

[VIDEO] Demo Buruh Berlanjut di Cimahi dan Depok, Pabrik Lumpuh

Aksi demo buruh menuntut perbaikan nasib kembali digelar di beberapa daerah.

Aksi mogok kerja ribuan buruh kembali berlanjut di sejumlah daerah. Di Cimahi, Jawa Barat, aksi sweeping dilakukan, sehingga memicu ketegangan antara buruh dan polisi. Di Depok, buruh kembali berkonvoi dan berorasi.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (29/10/2013), setelah kemarin berdemo, ribuan buruh di Cimahi kembali turun ke jalan. Gabungan sejumlah serikat pekerja seperti Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Kongres Aliansi Buruh Indonesia (Kasbi), dan Serikat Pekerja Nasional (SPN), melakukan sweeping, dan kembali menurunkan paksa ratusan buruh dari dalam angkutan pekerja.

Buruh mengancam akan terus mogok kerja bila tak ditemui sang Walikota Ati Tohija. Ribuan buruh ini menuntut UMK 2014 sebesar Rp 2,7 juta segera diwujudkan. Akibat mogok kerja, sejumlah pabrik lumpuh dan kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Di Depok, Jawa Barat, ratusan buruh Depok hari ini kembali berkonvoi di ruas Jalan Radar Auri, Putri Tunggal, hingga Gas Alam, Cimanggis, Depok. Para buruh melakukan sweeping di sejumlah pabrik yang mereka temui untuk bersama-sama memperjuangkan hak buruh.

Buruh menuntut penghapusan sistem alih daya atau outsourcing dan perbaikan sistem jaminan kesehatan buruh. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini