Sukses

Selain Polda Jaya, Tim Brimob Juga Selidiki Kematian Anggotanya

"Saya menurunkan tim untuk menyelidiki hal tersebut," kata Kepala Korps Brimob Polri Irjen Pol M Rum Murkal.

Kepala Korps Brimob Polri Irjen Pol M Rum Murkal menegaskan pihaknya akan mengusut peristiwa yang dialami anggotanya, Brigadir M Syarif Mappa yang tewas oleh orang tak dikenal di Jalan Raya Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Minggu 27 Oktober sekitar pukul 23.30 WIB.

"Untuk itu, ungkap perkaranya kita serahkan kepada Polda Metro Jaya. Tapi saya menurunkan tim saya untuk menyelidiki hal tersebut," kata Kepala Korp Brimob Polri Irjen Pol M Rum Murkal usai menghadiri Sertijab Kapolri di Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa (26/10/2013).

Rum menilai, seyogianya kejadian yang dialami anggota yang bertugas di satuan Brimob Gedung Halang, Bogor, itu tak mungkin terjadi. "Karena menurut saya, hal tersebut tidak mungkin terjadi. Ketika terjadi itu ada apa," ujar dia.

Meski demikian, dirinya siap bertanggung jawab atas kematian anak buahnya tersebut. "Secara teknik yang bertanggung jawab terhadap anggota Brimob itu saya. Pelanggaran apapun yang dilakukan Brimob itu adalah kembali kepada kita," tegas Rum.

Namun dia mengakui, dirinya belum mengusut secara tuntas kasus itu mengingat posisinya sebagai panitia Sertijab Kapolri. "Karena saya masih jadi panitia sertijab, saya masih belum fokus ke sana," ungkap dia.

Ia mengaku belum mengetahui siapa pelaku penusuk tersebut. Apakah preman atau orang lain semua masih diselidiki. "Tapi saat ini dalam proses lidik, seperti sedang apa dia di Pasar Minggu, apa ada masalah atau tidak. Nanti akan kita selidiki," ungkap dia.

Namun dia mengimbau anggotanya agar menghindari tempat-tempat hiburan. "Karena jadi komandan kan risikonya gede," tukas Rum. (Ali/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini