Sukses

Ratusan Buruh Ancam Menginap di Kantor Jokowi

"Saya sampaikan pada Pak Jokowi dan Pak Ahok, hari ini kami akan menginap di Balaikota kalau tidak bisa menemui kami."

Ratusan buruh menggelar unjuk rasa di depan Balaikota Jakarta. Para buruh yang tergabung dalam Forum Buruh DKI Jakarta, Aspek Indonesia, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB) itu kompak mengenakan pakaian hitam.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (29/10/2013), ratusan buruh itu berdiri menutupi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Sehingga jalan di depan kantor Gubernur Jokowi itu tidak bisa dilewati kendaraan.

Dalam aksi demo kali ini, para buruh menuntut 3 hal, yaitu pencabutan Inpres Nomor 9 Tahun 2013 tentang Upah Minimum, merealisasikan kenaikan upah Rp 3,7 juta, dan meminta penghapusan sistem kerja outsourcing termasuk di BUMN.

"Sebelum saya mulai, saya sampaikan pada Pak Jokowi dan Pak Ahok. Hari ini kami akan menginap di Balaikota kalau tidak bisa menemui kami. Pokoknya kami nginap," ujar salah seorang orator buruh.

Pada aksi kali ini, sayangnya Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok tidak berada di Balaikota. Jokowi sedang berada di BPK RI, sementara Ahok sedang berada di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, menghadiri Sertijab Kapolri baru. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini