Sukses

Rawan Demo Buruh, Timur Minta Para Kapolda Tak Hadiri Sertijab

Timur Pradopo mengimbau para kapolda untuk tidak hadir apabila situasi wilayahnya sedang tidak kondusif.

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolri dari Jenderal Pol Timur Pradopo ke Komjen Pol Sutarman di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pagi ini dihadiri 1.134 tamu undangan secara umum dan 120 tamu VVIP.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie mengatakan, untuk tamu VVIP yang diundang antara lain menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, anggota legislatif, duta besar negara sahabat dan para mantan Kapolri.

"Para menteri kabinet, anggota legislatif, dubes, dan mantan kapolri," ujar Ronny di Lapangan Mako Brimob, Jakarta, Selasa (29/10/2013).

Mengingat saat ini sedang gencar demo buruh, jelas Ronny, Timur mengimbau para kapolda untuk tidak hadir apabila situasi wilayahnya sedang tidak kondusif. Sepekan sebelum sertijab, Timur meminta para kapolda agar mementingkan keamanan wilayahnya daripada menghadiri penyerahan jabatan kapolri itu.

"Kapolda yang menentukan sendiri wilayah. Hadir, kalau merasa aman wilayahnya ya hadir. Tapi Kapolri Timur Pradopo menyampaikan seminggu sebelum pelantikan dalam video konpers ke seluruh kapolda agar mementingkan daerahnya masing-masing dalam melayani mogok buruh," ucap Ronny.

Pantauan Liputan6.com, para tamu saat ini sudah tampak hadir sebelum upacara diselenggarakan. Sejumlah kendaraan taktis dari sejumlah divisi berjejer di sekitar lokasi pelantikan.

Selain itu, akan digelar juga sertijab Ketua Umum Bhayangkari dari istri Jenderal Timur Pradopo, Irianti Sari Andayani kepada istri Jenderal Sutarman, Eli Sutiarti Sukandi. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.