Sukses

Badai `Super` Terjang Inggris, Prancis, Belanda, Jerman, 11 Tewas

11 Orang tewas, ratusan ribu rumah hancur, dan lalu lintas lumpuh total.

Sejumlah negara di kawasan Eropa tengah diserang badai besar berkecepatan super 160 km/jam. Akibatnya 11 orang tewas, ratusan ribu rumah hancur, dan lalu lintas lumpuh total.

Seperti dimuat News.com.au, Selasa (29/10/2013), badai menerjang negara-negara besar Eropa, yakni Inggris, Prancis, Belanda, Jerman, dan Denmark pada Senin 28 Oktober kemarin waktu setempat.

11 Korban tewas masing-masing terdiri dari 4 orang di Inggris, 3 orang di Jerman, 2 orang di Belanda, 2 orang di Prancis, dan 1 lainnya di Denmark. Sedangkan seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun yang hilang tersapu ombak tengah dicari tim penyelamat.

Sejumlah pengamat cuaca mengatakan, badai ini merupakan yang terbesar di Inggris pada tahun ini. Kecepatan anginnya mulai dari 129-160 km/jam.

"Lebih dari 270 ribu rumah hancur. Banjir masih menggenang. Ribuan pohon pun tumbang menghalangi jalan," jelas petugas setempat.

Transportasi dan aktivitas di beberapa negara Eropa pun kini lumpuh. Listrik untuk puluhan ribu rumah padam di Prancis. Di Belanda, stasiun kereta api ditutup dan beberapa penerbangan ditunda.

Pemerintah Jerman mengimbau warga untuk tinggi di rumah untuk sementara dan tidak boleh keluar bersepeda -- kegiatan yang biasanya dilakukan warga Jerman untuk pergi ke mana pun.

Di Inggris, badai juga menyebabkan 220 ribu rumah tak dialiri listrik, sementara layanan kereta api di selatan Britania Raya dibatalkan.

"Kerusakan yang diakibatkan badai lebih parah dari dugaan sebelumnya," kata Direktur Operasional Network Rail, Robin Gisby, seperti dikabarkan BBC.

Lalu lintas udara juga terganggu, sekitar 130 penerbangan dibatalkan di Bandara Heathrow. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini