Sukses

[VIDEO] Berbagai Cara Unik Memperingati Sumpah Pemuda

Mulai dari lomba menghafal isi dari sumpah pemuda, hingga menghadirkan 2 pemain Timnas U-19.

Beragam cara dilakukan para pelajar di Jawa Timur untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober kemarin. Mulai dari lomba menghafal isi dari sumpah pemuda, hingga menghadirkan 2 pemain Timnas U-19 yang baru saja mengharumkan nama bangsa di ajang Piala AFF beberapa waktu lalu.

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, sebuah sekolah menengah pertama di Surabaya menggelar lomba membaca isi dari Sumpah Pemuda. Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (29/10/2013), para peserta ditunjuk guru secara acak, sehingga banyak peserta tak siap dan salah dalam melafalkan isi Sumpah Pemuda.

Di Sidoarjo, 2 punggawa Timnas Indonesia U-19 hadir dalam seminar memperingati Sumpah Pemuda yang diadakan SMK Darusalam Modong, Kecamatan Tulangan. Adalah Hansamu Yama Pranata dan Muchlis Hadi Ning Syaifullah, 2 pemuda Indonesia yang baru saja mengharumkan nama bangsa bersama Timnas U-19 meraih juara piala AFF.

Keduanya berpesan kepada siswa agar diusia muda selalu berusaha mencapai prestasi dan menjauhkan diri dari narkoba.

Di Kota Blitar, belasan mahasiswa Unisba mengadakan refleksi Sumpah Pemuda, dengan menggelar musik jalanan di pinggir jalan raya Kelurahan Rembang, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

Diawali dengan pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda, belasan mahasiswa juga meminta sumbangan kepada pengguna jalan untuk disumbangkan ke pembangunan perpustakaan Sekolah Dasar di Blitar.

Kembali ke Surabaya, Suasana Madarasah Aliyah Negeri di kawasan Bendul Merisi menandai peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan mengenakan busana adat selama kegiatan belajar mengajar. Tak hanya para siswa, para guru juga berpartisipasi mengenakan baju daerah.

Dengan mengenakan baju adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, para siswa diharapkan lebih memahami makna Bhineka Tunggal Ika, bahwa meski terdiri dari beragam suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, mereka memiliki satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.
    Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.

    Sumpah Pemuda

Video Terkini