Sukses

Fathanah: Novel Baswedan Ancam Bikin Saya Miskin

Terdakwa kasus dugaan suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian, Ahmad Fathanah mengaku pernah diancam penyidik KPK Novel Baswedan.

Terdakwa kasus dugaan suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian, Ahmad Fathanah mengaku pernah diancam penyidik KPK Novel Baswedan. Hal itu kata Fathanah dilakukan Novel beberapa saat setelah dirinya ditangkap tangan di Hotel Le Meridien 29 Januari 2013.

"Ketika saya habis ditangkap, penyidik bernama Novel yang keluarkan ancaman. Dia katakan 'Saya akan miskinkan kamu'," ujar Fathanah saat membacakan nota pembelaannya di pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (28/10/2013) malam.

Kata Fathanah, saat itu dirinya tidak tahu apa maksud perkataan Novel. "Padahal saya tidak tahu perkara apa yang disangkkaan kepada saya," katanya.

Namun belakangan dirinya baru mengetahui setelah ditetapkan sebagai tersangka pada tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait perkara suap impor daging sapi.

"Saya tidak tahu harus berbuat apa ketika KPK tetapkan saya di TPPU. KPK sita harta saya, 2 rumah, 4 mobil, dan perhiasan. Tidak ada yang tersisa. Subhanallah, padahal harta saya diperoleh secara legal," kalim Fathanah. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.