Sukses

[VIDEO] Sweeping dan Ricuh Warnai Demo Buruh di Daerah

Kericuhan terjadi ketika sekitar 1.000 buruh yang akan melakukan konvoi di kawasan industri m2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Aksi demonstrasi buruh tidak hanya berlangsung di Jakarta, tapi juga di sejumlah daerah. Bahkan, sweeping terhadap buruh yang masih bekerja terjadi di beberapa wilayah. Dalam aksi ini, buruh menuntut kenaikan upah minimun lebih dari 50%.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV Siang, Senin (28/10/2013), kericuhan terjadi ketika sekitar 1.000 buruh yang akan melakukan konvoi di kawasan industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat dihadang masa yang menamakan diri masyarakat peduli industri. Para buruh ini akhirnya diizinkan berkeliling di beberapa titik kawasan industri dan selanjutnya membubarkan diri.

Di Cimahi, Jawa Barat, massa gabungan serikat buruh memaksa ratusan buruh turun dari bus di jalan kawasan industri Cibaligo. Mereka meminta para buruh tidak bekerja hari ini dan ikut mogok kerja.

Massa melanjutkan aksi dengan sweeping pabrik-pabrik yang masih beroperasi. Massa membuka paksa pintu gerbang pabrik, dan meminta manajemen menghentikan aktivitas di dalam pabrik. Para buruh menuntut kenaikan upah minimum kota (UMK) dari sebelumnya Rp 1,3 juta menjadi Rp 2,7 juta.

Aksi sweeping juga dilakukan para buruh di Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Mereka kemudian bergerak menuju kantor Pemkab Bandung untuk menyampaikan tuntutan mereka. Buruh menuntut kenaikan upah sebesar 50 persen dari sebelumnya Rp 1,5 juta. (Mvi/Ism)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.