Sukses

[VIDEO] Tuntut Perbaikan Nasib, Buruh Pulogadung dan Depok Demo

Rencananya aksi demo disertai mogok kerja ini akan berlangsung hingga 2 hari ke depan.

Ribuan buruh di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur, dan Depok, Jawa Barat sampai siang ini berunjuk rasa, menuntut perbaikan nasib buruh pada 2014.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (28/10/2013), aksi unjuk rasa dengan berkeliling ini dilakukan para buruh di kawasan industri Pulogadung sejak pagi hingga siang ini. Mereka menolak upah minimum provinsi Rp 2,2 juta per bulan karena dirasakan tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari hari.

Buruh pengunjuk rasa berusaha mengajak buruh lain ikut berdemo dan mogok kerja dengan menyambangi pabrik-pabrik.

Di Depok, ratusan buruh depok juga turun ke jalan dan berkonvoi. Konvoi sepeda motor dimulai dari Jalan Juanda, menuju Jalan Raya Bogor sambil membentangkan spanduk tuntutan.

Mereka mengajak buruh lain yang masih bekerja untuk turun ke jalan memperjuangkan hak-hak buruh. Namun sebagian buruh ada yang tetap melanjutkan kerja dan bahkan menutup pintu pabrik dengan panik saat massa buruh mengajak demo.

Dalam aksinya buruh sempat memblokir ruas Jalan Raya Bogor. Aksi buruh ini mendapat pengawalan ketat polisi. Selain upah layak, buruh Depok kembali mendengungkan penghapusan sistem alih daya atau outsourcing dan perbaikan jaminan kesehatan buruh.

Dewan Pengupahan Provinsi DKI sudah merespons dengan mengeluarkan angka upah standar berdasar hitungan kebutuhan hidup layak atau khl senilai Rp 2, 299 juta. Angka ini dihasilkan dari pertemuan 3 pihak dewan pengupahan dengan pengusaha dan serikat pekerja.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengaku belum mengetahui hal tersebut.

Para buruh di Jabodetabek berencana masih akan melanjutkan aksi turun ke jalan berdemo meminta perbaikan nasib buruh pada 2014, utamanya kenaikan upah, hingga 2 hari ke depan. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini