Sukses

[VIDEO] Berbagai Kegiatan Warnai Peringatan Sumpah Pemuda

Dari mulai menggelar tumpeng agung, pameran busana tempo dulu dan masa kini hingga menyusuri sungai.

Ratusan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Udanawu, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, menggelar kirab menyambut hari Sumpah Pemuda. Dalam kirab, para pelajar yang mengenakan busana tempo dulu hingga busana kontemporer juga mengusung Tumpeng Agung yang berisi aneka makanan ringan.

Seperti tayangan Liputan 6 SCTV Senin (28/10/2013), aneka makanan ringan yang ada di Tumpeng Agung melambangkan berbagai macam suku di Indonesia. Setiba di gerbang sekolah, perwakilan siswa dan pemuda mengucapkan sumpah pemuda. Namun begitu tumpeng memasuki halaman sekolah ratusan pelajar langsung menyerbu Tumpeng Agung dan berebut makanan ringan.

Di Surabaya, ratusan pelajar yang tergabung dalam Gerakan Selamatkan Tunas Bangsa Minggu 27 Oktober siang menggelar peringatan hari sumpah pemuda di depan gedung negara Grahadi dengan aksi simpatik mengajak masyarakat pengguna jalan untuk membangun Indonesia dengan kegiatan positif.

Sebagai bentuk dukungan terhadap semangat persatuan dalam sumpah pemuda, ratusan pelajar ini membubuhkan cap telapak tangan ke kain putih sepanjang 85 meter. Angka 85 dipilih untuk menyesuaikan dengan usia kelahiran sumpah pemuda.

Di Pasuruan, hari sumpah pemuda diperingati dengan unjuk kreasi 40 kelompok seni perwakilan seluruh Sekolah Menengah Atas dalam ajang yang disebut Carnaval on The River. Selain harus berbusana unik mereka juga ditantang membuat rakit modifikasi untuk menyusuri sungai.

Digelar di sungai Desa Camplong, Kecamatan Kejayaan, Pasuruan sepanjang 500 meter sejumlah peserta memamerkan berbagai busana mulai dari busana khas daerah hingga busana kontemporer. Para siswa bebas menggunakan bahan apapun untuk membuat rakit, mulai dari bambu galon air maupun ban bekas.

Dengan ajang ini, para pemuda diharapkan dapat lebih meningkatkan rasa cinta terhadap seni budaya Indonesia serta lebih peduli pada kelestarian sungai. (Tys/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini