Sukses

Dukungan Duet Jokowi-Prananda, PDIP: Tergantung Ketua Umum

Pasangan Joko Widodo alias Jokowi dengan Prananda Prabowo kian mengemuka. Namun dukungan pasangan ini tergangung Ketua Umum PDIP.

Wacana `duet maut` pasangan calon presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Cawapres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pilpres mendatang yakni Joko Widodo alias Jokowi dengan Prananda Prabowo kian mengemuka.

Namun, PDIP menegaskan saat ini partai pimpinan Megawati Soekarno Putri itu belum bisa memastikan siapa yang akan ditetapkan sebagai pasangan Capres dan Cawapres 2014 mendatang.

"PDIP sudah clear, itu keputusan capres dan cawapres itu kewenangan ketum. Kalau ketum mengeluarkan nama ya kita ikut dan nurut. Kader PDIP itu tegak nurut instruksi, dan keputusan itu ada di ibu ketum dan kita nurut itu," kata Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI, Bambang Wuryanto di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Ketua DPP PDIP ini menjelaskan, partai berlambang kepala banteng moncong putih ini siap mendukung pasangan duet maut Jokowi-Prananda. Asal, sang Ketua Umum mendukung sepenuhnya pasangan Jokowi-Prananda sebagai Capres dari PDIP.

"Dan kalau kita mendapatkan 20% kursi di Parlemen, jika ibu mengeluarkan nama Jokowi-Prananda ya kita dukung," tutur Bambang.

Anggota komisi VII DPR RI ini juga menjelaskan, seluruh kader PDIP sangat patuh pada peraturan dan kebijakan partai meskipun partainya belum punya keputusan terkait capres dan cawapres dari PDIP.

Lebih lanjut, Bambang mengakui obrolan warung kopi terkait pasangan Jokowi-Prananda memang sempat dibicarakan dan menjadi bahan obrolan. Tapi hal tersebut hanya obrolan semata dan bukan merupakan bagian dari usulan kebijakan partai.

"Kita itu kader partai yang tertib, ya kalau cuma ngobrol-ngobrol ya biasa. Tapi semua akan tetap tegak lurus. Ya, kalau ngobrol-ngobrol informal ya bisa saja. Dan, keputusan capres dan cawapres ya itu keputusan ketum," tukasnya. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini