Sukses

Demokrat: Tak Ada Pembahasan tentang Pembubaran Ormas PPI

Partai Demokrat membantah punya agenda membubarkan ormas PPI. Jika ada suara elite di internal PD yang ingin membubarkan, itu hanya oknum.

Partai Demokrat membantah punya agenda untuk membubarkan ormas Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI). Ormas yang kelahirannya dibidani oleh mantan Ketua Umum PD, Anas Urbaningrum ini memang santer dikabarkan tengah `diincar` Partai Demokrat.

"Membubarkan PPI? Tidak ada obrolan itu di internal kami. Dalam rapat harian terbatas juga tak pernah ada pembahasan sedikit pun terkait pembubaran PPI itu," kata Wasekjen Partai Demokrat, Andi Nurpati, di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2013).

Andi berujar, jikapun ada suara di Partai Demokrat yang akan membubarkan PPI, itu hanyalah oknum. "Itu oknum saja, meskipun dia sebagai salah satu elite politik di Demokrat. Jadi memang tidak pernah dalam rapat DPP membahas pembubaran. Jadi tolong dibedakan di mana oknum dan di mana secara institusi ya," ujar Andi.

Sebaliknya, Andi mengatakan ormas itu bagus keberadaannya, di mana bisa menjadi wadah untuk menampung ide-ide dan menjadikan pembelajaran dibidang apa pun bagi masyarakat. Ia pun menegaskan, keberadaan PPI tidak berbahaya sama sekali bagi Partai Demokrat.

"Hak semua orang kan mendirikan partai politik, ormas, dan lainnya. Itu kan keberadaannya bisa bermanfaat," tandas Andi.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Demokrat, Nurhayati Assegaf, mengatakan PPI dibubarkan saja jika pendiriannya selalu menyudutkan dan berseberangan dengan Demokrat serta Presiden SBY. Menurut dia, pembubaran itu merupakan hak pemerintah. (Ado)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.