Sukses

Temui Tunangan Jelang Pernikahan, Gadis Tewas Dibakar Ayah

Sang ayah terancam hukuman 35 tahun penjara.

Seorang gadis berusia 15 tahun di Yaman, tewas dibakar ayahnya sendiri usai menemui tunangannya menjelang hari pernikahan. Perempuan tersebut tewas, sedangkan ayah terancam hukuman 35 tahun penjara.

"Pelakunya adalah ayahnya," kata polisi setempat, seperti dimuat Al-Arabiya, Rabu (23/10/2013).

Kejadian terjadi di Desa Shabaa, Provinsi bagian selatan Yaman, Taez. Tak dijelaskan kapan pembunuhan sadis itu terjadi. Hanya disebutkan sang gadis tewas karena dibakar ayahnya.

Kini sang ayah tengah mendekam di balik jeruji penjara. Ia menghadapi tuntutan penjara 35 tahun dari jaksa setempat.

Kasus pembunuhan terhadap anak perempuan ini kerap terjadi di Yaman. Para anak perempuan bakal menerima hukuman apabila melanggar aturan dan membuat malu atau aib keluarga.

Untuk mendobrak tradisi tersebut, PBB dan Badan Pemantau HAM menyerukan kepada pemerintah Yaman agar bertindak untuk melindungi para wanita agar terhindar dari pembunuhan sadis yang dilakukan pihak keluarga.

Namun sejauh ini, warga Yaman masih menjunjung tinggi adat istiadat mereka dan menempatkan kehormatan keluarga sebagai yang paling utama. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini