Sukses

Militer Venezuela Tembak 2 Pesawat Pengangkut Narkotika

Militer udara Venezuela memutuskan untuk menembak 2 pesawat yang mengudara di wilayahnya pada akhir pekan.

Militer Venezuela memutuskan untuk menembak 2 pesawat yang mengudara di wilayahnya pada akhir pekan. 2 pesawat kecil itu pun jatuh setelah terbakar di udara.

Dilansir dari BBC yang dimuat Liputan6.com, Selasa (22/10/2013), serangan udara yang dilakukan oleh militer Venezuela ini merupakan yang pertama kali dilakukan.

Pesawat-pesawat yang 'dilumpuhkan' diduga menyelundupkan narkoba dari Amerika Tengah. Sebab para pilotnya menolak untuk mengikuti perintah para pilot militer.

Sebelumnya, 11 pesawat ilegal juga pernah 'dilumpuhkan' di Venezuela tahun ini. Pasukan keamanan Venezuela mengatakan, lebih dari 35 ton obat-obatan terlarang telah ditemukan tahun ini.

"Ini (tembakan) adalah yang pertama di negara ini, sejak persetujuan Hukum dan Pengendalian Peraturan untuk Pertahanan Integral dari Udara Nasional, mengikuti perintah komandan kami, Presiden Nicolas Maduro," kata Kepala Pusat Operasional Strategis Venezuela, Jenderal Vladimir Padrino Lopez.

Sebelumnya, ada pesawat lain yang juga dilumpuhkan militer Venezuela. Pesawat itu diduga mencoba menghindari pihak berwenang, dengan mencoba mendarat di sebuah lapangan terbang ilegal di sebuah hutan.

"Ini (pesawat yang 'dilumpuhkan') adalah milik mafia narkoba yang berniat menggunakan negara kami (Venezuela) sebagai markas untuk distribusi obat-obatan terlarang, dan melanggar peraturan udara wilayah kami," kata Kepala Badan Anti-Narkoba Venezuela, Alejandro Keleris Bucarito setelah memposting foto pesawat yang hancur pasca-ditembak melalui Twitter. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.