Sukses

[VIDEO] Kebakaran Hutan di Australia Makin Tak Terkendali

Petugas terus berupaya menjinakkan api di tengah cuaca yang tak bersahabat.

Kebakaran hutan yang melanda negara bagian New South Wales, Australia, masih belum mampu dikendalikan. Petugas terus berupaya menjinakkan api di tengah cuaca yang tak bersahabat.

Liputan 6 SCTV, Selasa (22/10/2013) memberitakan, kobaran api terus meluas dan makin sulit dikendalikan akibat panasnya cuaca dan hembusan angin akibat kebakaran. Otoritas pemadam kebakaran setempat menyebut kondisi ini membuat kebakaran makin membahayakan.

Wilayah Lithgow, Springwood, dan Blackheath, di Blue Mountain, utara Siydney masuk zona bahaya atau disebut area "mega-fire". Sejumlah warga di Blue Mountain terpaksa harus meninggalkan rumah mereka karena ancaman api.

Kepulan asap juga memaksa warga menggunakan masker pelindung. Sementara di tengah bencana, warga juga dihadapkan ancaman penjarahan, oleh sebab itu otoritas setempat menyiagakan patroli keamanan di lokasi yang dinilai rawan.

Petugas pemadam kebakaran masih berupaya menjinakkan api baik dari darat maupun udara dengan mencurahkan bom air melalui helikopter. Belum bisa diprediksi kapan kebakaran bisa diatasi. Di Sydney, warga terutama yang berusia lanjut dan menderita asma diimbau berada dalam rumah seiring memburuknya kualitas udara.

Kebakaran telah menghancurkan lebih dari 200 rumah sejak Kamis pekan lalu. Ribuan hektare kawasan hutan pertanian dan desa di luar Sydney hancur dilalap api. Akibat bencana ini, pemerintah memberlakukan status darurat di negara bagian New South Wales. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.