Sukses

Sambut Pernikahan Putri Sultan HB X, Warga Gelar Pesta Rakyat

Pesta tersebut akan digelar pada Selasa 22 Oktober 2013 dari siang hingga malam.

Sebagai wujud mangubagya atau ikut memeriahkan Royal Wedding Keraton Yogyakarta, berbagai elemen warga akan menyajikan pesta rakyat. Pesta digelar dengan berbagai pentas seni.

Adalah warga Yogyakarta yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Keistimewaan yang menggelar pesta rakyat ini. Pesta tersebut akan digelar pada Selasa 22 Oktober 2013 dari siang hingga malam. Berbagai kesenian tradisional seperti Angguk, reog, atau jathilan akan tampil dalam acara yang digelar di Monumen Serangan Umum Satu Maret tersebut.

Pesta ini menjadi wujud suka cita warga Yogyakarta atas pernikahan Gusti Kanjeng Ratu Hayu yang dipersunting Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro.

Bukan hanya kesenian tradisional, para pedagang jajan pasar pedagang mie warga asal Kuningan, Jawa Barat, juga akan terlibat menyajikan makanan secara gratis untuk pengunjung dalam pesta rakyat ini.

Sementara itu, tingkat hunian hotel di Yogyakarta melonjak drastis seiring gelaran pernikahan agung Keraton Yogyakarta. Hampir seluruh hotel berbintang habis dipesan baik oleh tamu yang akan menghadiri pesta pernikahan maupun wisatan yang sekadar ingin menyaksikan pesta pernikahan terakhir keturunan Sri Sultan Hamengku Buwono X tersebut.

Seperti Hotel Inna Garuda. Sebanyak 222 kamar berbagai kelas di hotel kawasan Malioboro ini habis dipesan semenjak Sultan memastikan tanggal pesta pernikahan dan mulai menyebar undangan.

Para pemesan rata-rata pejabat tinggi dan pengusaha yang akan menghadiri pesta pernikahan Gusti Kanjeng Ratu Hayu yang dipersunting Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro.

Meski tak mau menyebut nama pemesan, pihak hotel menunjuk 36 kamar berkelas eksekutif adalah kamar yang dipilih para pejabat negara. Bahkan pihak hotel terpaksa menolak beberapa pejabat yang melakukan pemesanan mendadak karena tak ada lagi kamar tersisa. (Ali/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.