Sukses

[VIDEO] Prosesi Panjang Pernikahan Putri Hamengku Buwono X

Putri keempat Sri Sultan Hamengkubuwono X ini menjalani 4 prosesi ritual bersama Kanjeng Pangeran Haryono Noto negoro.

Sebelum meresmikan ikatan pernikahan dengan membaca ijab kabul, pasangan calon pengantin Keraton Yogyakarta hari ini menjalani berbagai prosesi.
 
Seperti tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (21/10/2013), prosesi pertama adalah nyantri. Dalam prosesi ini Kanjeng Pangeran Haryono Noto Negoro tiba di Keraton Yogyakarta sekiatar pukul 10.00 WIB akan diajarkan adat istiadat dan tingkah laku sebagai calon anggota keraton. Dalam prosesi ini sekaligus untuk menilai apakah Pangeran Haryono sudah pantas menjadi anggota keraton.

Prosesi kedua adalah siraman. Kedua mempelai, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu dan Kanjeng Pangeran Haryono Noto Negoro, akan melakukan siraman air untuk menyucikan diri, baik secara jiwa maupun raganya.

Ketiga, pada malam hari kedua, mempelai melakukan prosesi pantingan. Dalam prosesi ini Sri Sultan Hamengku Buwono x menanyakan kemantapan hati putrinya untuk menjalani pernikahan ini.

Prosesi terakhir, kedua mempelai akan melakukan prosesi midodareni. Ini malam terakhir bagi kedua mempelai sebagai seorang lajang. Pada prosesi ini keduanya akan ditemani kerabat dan keluarganya.

Kemudian pada Selasa besok keduanya akan menjalani proses ijab kabul atau pernikahan. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.