Sukses

Jumhur: Hasrat TKI untuk Berubah Luar Biasa

Moh Jumhur Hidayat menyatakan TKI secara umum memiliki hasrat luar biasa mengubah kehidupan sosial ekonomi keluarganya menjadi lebih baik.

Citizen6, Indramayu: Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat menyatakan TKI secara umum memiliki hasrat luar biasa ke arah mengubah kehidupan sosial ekonomi keluarganya menjadi lebih baik.

Karena itu, keberadaan para TKI yang kemudian mengembangkan potensi ekonomi ke dalam bentuk usaha bersama ataupun perorangan, diharapkan semakin gigih menata kegiatannya, sehingga dapat mencapai sukses dan sekaligus contoh keberhasilan bagi masyarakat sekitar.

"TKI mempunyai potensi sangat besar untuk berubah dan menciptakan kesuksesan, mengingat selama bekerja di luar negeri mereka berjuang demi kemartabatan diri dan keluarganya dengan berbagai keberhasilan yang diraih," kata Jumhur di Gelarmendala, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (21/10/2013).

Jumhur berkunjung ke desa TKI tersebut untuk meresmikan kelompok usaha ternak mantan TKI tangguh berupa penggemukan kambing dengan nama, "Griya Embek". Usaha itu dipelopori para keluarga TKI bekerjasama International Organization for Migration (IOM)--lembaga dunia dengan fokus pemberdayaan, edukasi, dan pendampingan permasalahan TKI.

Terkait program ini, IOM menggandeng Garda Buruh Migran Indonesia sebagai pihak yang dipercaya melakukan pendampingan usaha. Sementara itu, kegiatan Griya Embek telah berjalan selama 3 bulan dengan mengelola 32 ekor kambing dari 100 yang direncanakan pada tahun ini.

Pada kesempatan itu juga, Jumhur juga mengundang unsur perbankan dan mengharapkan perhatian serius jaringan lembaga keuangan dalam melayani pengembangan usaha TKI, termasuk memberi kemudahan penyaluran fasilitas kredit untuk usaha keluarga TKI.

Jumhur mengatakan, semua elemen pelayan rakyat di antaranya pemerintah pusat, daerah, serta elemen pendukung pemberdayaan ekonomi harus berkiblat pada agenda pemartabatan ekonomi masyarakat kecil, seperti TKI. Oleh karena besarnya potensi maupun peluang usaha di lingkungan keluarga TKI.

"Tanpa bantuan pemerintah atau dari kalangan lain yang dapat mewujudkan hasrat berusaha TKI, maka kemajuan kehidupan TKI bisa terabaikan akibat ketidakpedulian kita semua," ujar Jumhur.

Desa Gelarmendala merupakan basis TKI di Indramayu yang sebagian besar para TKI-nya bekerja ke Timur Tengah. Indramayu sendiri adalah kantong terbesar TKI di Jawa Barat dengan tersebar di Asia Pasifik khususnya Taiwan dan sebagian kawasan Timur Tengah.

Berdasarkan data Pusat Penelitian dan Pengembangan Informasi (Puslitfo) BNP2TKI, jumlah TKI asal Indramayu yang berangkat ke luar negeri selama tiga tahun berturut-turut sebanyak 80.015, yaitu 2011 (29.966 orang), kemudian 2012 (28.524 orang), dan pada 2013 (21.525 orang). (Mfrakasima/mar)



Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.