Sukses

Ribuan Buruh Demo DPR Hari Ini

Buruh kembali berdemo ke DPR menuntut kenaikan UMR, hapus outsourcing, dan jaminan kesehatan.

Buruh kembali berdemonstrasi. Rencananya sekitar ribuan orang akan memadati gedung DPR MPR, Senin (21/10/2013) untuk menuntut kenaikan upah. Buruh juga menuntut Panja DPR bekerja lebih baik.

"Saat ini ada panja (Panitia Kerja) di DPR tentang jaminan kesehatan, tapi tampaknya tidak sungguh-sungguh. Sekarang tidak berjalan. DPR lebih sibuk kampanye dan ambil uang rakyat dari kunjungan reses untuk kampanye terselubung. Belum lagi soal panja BPJS dan upah minumum. Karena itu buruh aksi di DPR," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2013.

Tuntutan lainnya yang akan disuarakan buruh naikan upah minumun sebesar 50 persen hingga Rp 3,5 juta untuk Jakarta, hapus outsourcing termasuk di BUMN, ratifikasi kovensi ILO no. 189 tentang UU Pekerja Rumah Tangga (PRT).

Berbeda dari biasanya, usai berunjuk rasa, buruh akan menggelar dialog kebangsaan dan rembuk nasional. Dialog bertema "Menggagas Indonesia yang lebih Sejahtera dan Terbebas Korupsi" di Istora Senayan mulai pukul 13.00 WIB.

Beberapa tokoh dijadwalkan hadir dalam diskusi ini seperti Ketua Kadin, Ketua PBNU, dan, Kepala Staf Angkatan Darat. "Termasuk Ketua KPK Abraham Samad juga kita undang hadir untuk berbicara soal korupsi," tandas Said. (Don/Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini