Sukses

[VIDEO] Ditolak Daftar CPNS, Tunanetra Demo Gubernur Sulsel

Penyandang Tunanetra berdemo ke kantor dan rumah Gubernur Sulsel menuntut berkas mereka diterima sebagai CPNS.

Puluhan penyandang tunanetra berdemonstrasi memprotes karena tidak lolos dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Sulawesi Selatan. Selain ke kantor Gubernur Sulsel Sayhrul Yasin Limpo, massa juga berunjukrasa ke di rumah dinas sang gubernur.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Senin (21/10/2013),  unjuk rasa penyandang tuna netra ini merupakan aksi lanjutan setelah mereka berdemo di DPRD Sulawesi Selatan, Sabtu 14 Oktober 2013 lalu. Massa memulai aksi dari kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumardjo, Makassar. Mereka berorasi di depan para pegawai pemprov yang menerima mereka. Merasa tak ada solusi, demonstran bergerak ke rumah dinas gubernur.

Setibanya di rumah dinas di Jalan Sudirman, massa disambut ratusan aparat kepolisian dari Polsek Ujung Pandang. Mereka meminta bertemu langsung dengan Syahrul Yasin Limpo. Namun, sang gubernur tak ada di tempat.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes dan kekecewaan mereka karena berkas lamaran sebagai CPNS ditolak karena tidak memenuhi ketentuan khusus untuk pelamar penyandang disabilitas tubuh. Mereka juga menuding Pemprov Sulawesi Selatan tidak adil dalam penerimaan berkas, khususnya bagi penyandang disabilitas tunanetra.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasu Birokrasi menyebutkan, kaum difabel atau penyandang cacat berkesempatan menjadi CPNS melalui tes penerimaan dari jalur pelamar umum dengan mempertimbangkan kemampuan para penyandang disabilitas.(Don)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini