Sukses

Jokowi: Anak Istri Nggak Setuju Saya Nyalon

"Awalnya semua anak-anak menolak termasuk istri saya. Tapi waktu sudah kita putuskan, ya semua ikut mendukung," tukas Jokowi.

Setahun Jokowi Ahok. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengaku semua anak-anak dan istrinya sempat keberatan saat dirinya mencalonkan diri menjadi Walikota Solo, Jawa Tengah. Mereka keberatan karena khawatir dirinya terlalu sibuk sehingga jarang kumpul dengan keluarga.

Dalam wawancara dengan Raden Trimutia Hatta dari Liputan6.com, Jokowi mengungkapkan keluarganya sempat menentang dirinya mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Solo.

"Dulu waktu saya mau jadi walikota, semua anak saya nggak ada yang setuju. Istri saya juga nggak setuju. Setelah 5 tahun (menjabat) saya mau berhenti. Tapi ternyata banyak sekali masyarakat yang datang ke saya. Ya sudah (maju) lagi. Setelah lagi eh belok lagi, tahu-tahu ditugaskan (partai jadi Cagub) di Jakarta dan masyarakat Jakarta memilih. Ya sudah saya jalani karena kita nggak tahu besok jadi apa," kata Jokowi.

Ia menambahkan anak dan istrinya keberatan ia jadi pejabat publik khawatir tidak punya banyak waktu bersama keluarga.

"Kalau dulu Sabtu Minggu, kita bisa bareng-bareng keluar kota dengan anak istri selama 2 hari. Kalau pas liburan kita bisa sampai sebulan kemana lah. Jadi (hubungan keluarga) dekat banget," kata Jowowi.

Namun semenjak dirinya menjadi Walikota Solo, pria kelahiran 21 Juni1961 itu pun jarang bertemu keluarga. Terlebih, setelah saat dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Tapi sekarang bagaimana, ketemu saja nggak pernah. Selama 8 tahun jadi walikota, meski ketemu di Solo, kalau pulang malam kalau Sabtu Minggu kita juga masih kerja. Mungkin anak-anak saya juga merasa kehilangan. Dulu sabtu minggu bisa jalan atau pagi ngantar anak (ke sekolah) kalau sekarang mah sudah nggak bisa. Ya saya kira wajar keluarga saya keberatan," imbuh Jokowi.

Namun, keluarga akhirnya mendukung dirinya setelah mengadakan rapat keluarga, termasuk anak-anak.

"Awalnya semua anak-anak menolak. Tapi waktu sudah kita putuskan ya semua ikut mendukung," tukas Jokowi.

Selengkapnya Anda bisa menyaksikan video "Jadi Walikota, Jokowi: Anak Istri Sempat Nggak Setuju Semua'" melalui video di bawah ini. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.