Sukses

[VIDEO] Asyiknya Ngubek-ngubek di Pulau Samosir

Pengunjung bisa ngubek Desa Tenun Ulos, pantai pasir putih dan pastinya menari bersama Sigale-gale di Pulau Samosir.

Setelah menjadi tuan rumah festival Danau Toba, Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba tetap layak untuk diubek-ubek. Kali ini saatnya ngubek Desa Tenun Ulos, pantai pasir putih dan pastinya menari bersama Sigale-gale di Pulau Samosir.

Seperti tayangan Liputan 6 Pagi SCTV Sabtu (19/10/2013), ngubek pulau Samosir pulaunya Danau Toba. Samosir luasnya kurang lebih sama dengan Singapura. Butuh sekitar 5 jam perjalanan dari Kota Medan merapat ke Kota Parapat. Terus tambah 30 menit lagi menyeberang dari parapat ke Pulau Samosir.

Tim pun ngubek pasar souvenir khas Batak Pelabuhan Tomok. Di kiri kanan pengunjung bisa memilih ulos atau pernak pernik lainnya. Selain itu, pengunjung juga bisa sekaligus berwisata sejarah tentang suku Batak, khususnya keturunan marga Sidabutar.

Selain di Tomok, sebenarnya ada banyak situs sejarah zaman megalitikum yang bisa diubek-ubek. Sediakan waktu lebih panjang ya jika anda pecinta wisata sejarah. Sekarang saatnya menari tor-tor dengan pemuda setempat Samosir siapa lagi kalau bukan Sigale-gale.

Sigale-gale ini dulunya adalah hiburan bagi seorang raja yang kehilangan putranya. Sehingga dibuatlah patung menari yang wajahnya mirip sang putra raja. Pasar wisata Tomok juga menjadi pasar kebutuhan sehari-hari warga Samosi. Tak heran di sini ada yang jualan ikan, sayur dan buah-buahan.

Tayangan selengkapnya, Anda bisa menyaksikan Ngubek di Pulau Samosir melalui video di bawah ini. (Rmn/Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.