Sukses

[VIDEO] Korban Gempa Filipina Menjadi 173 Orang

Warga selamat hanya mengandalkan bantuan para dermawan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Sebab pasca gempa semua toko tutup.

Hingga kini jumlah korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter ini di Filipina sudah mencapai 173 orang. Gempa yang berpusat di Pulau Bohol pada Selasa lalu ini diikuti 300 kali gempa susulan.

Seperti tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (19/10/2013), sekitar 19 ribu bangunan rusak dan ambruk, bahkan jalan raya retak terbelah. Kerusakan terparah terjadi di Pulau Bohol yang merupakan episentrum gempa.

Hingga kini tercatat korban tewas terbanyak berasal dari Pulau Bohol yakni 161 orang. Sementara dari daerah wisata Cebu mencapai 11 orang dan dari Pulau Siquijor berjumlah 1 orang. Sedangkan 498 lainnya mengalami luka-luka. Di samping itu lebih dari 20 ribu keluarga harus diungsikan.

Gempa juga menyebabkan tanah longsor yang terjadi di Bukit Chocolate. Pemerintah setempat sudah menutup daerah wisata di bukit ini, karena dikhawatirkan akan ada longsor susulan.

Warga yang selamat hanya mengandalkan bantuan dari para dermawan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Sebab pasca gempa tidak ada satu pun toko yang buka.

Kerugian akibat gempa ini ditaksir mencapai 564 juta Peso atau sekitar Rp 148 miliar. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.