Sukses

Sudah Padat, Jokowi Stop Pembangunan Mall di Jakarta

"Di Jakarta sudah ada 173 mall. Kami hentikan sejak kami masuk," kata Jokowi.

Jakarta kini sudah dipenuhi pusat belanja mall. Terhitung ada 173 mall di Jakarta. Mengingat sudah banyaknya mall itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku akan menghentikan pembangunan mall.

"Di Jakarta sudah ada 173 mall. Kami hentikan sejak kami masuk," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu dalam acara Setahun Jokowi-Ahok di halaman Tugu Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2013) malam.

Hal itu diutarakan Jokowi menjawab pertanyaan warga Jakarta Selatan, Wiyono. Menurutnya, mall yang terus menjamur di Jakarta kian menyebabkan matinya usaha kecil menengah (UKM). Selain juga menyebabkan kemacetan.

"Pak Jokowi, bagaimana program dan kebijakan mall jika dikaitkan dengan pasar tradisional, PKL, UKM dan parkir. Masalah parkir banyak mall yang parkirnya di pemukiman warga?," kata Wiyono.

Khusus di kawasan Jakarta Selatan, menurut Jokowi pembangunan mall juga mengganggu resapan air hujan dan daerah hijau. "Jangan sampai hilang lagi gara-gara pembangunan mall," ujar dia.

Lebih lanjut terkait usaha-usaha rumah tangga, PKL, dan UKM, kata Jokowi akan menjadi salah satu priopritas yang tengah dikejarnya. Contohnya, 23 pasar yang kini sudah dibangun Pemprov DKI tahun.

"Kami berikan itu gratis bagi yang mau dagang, Desember diusahakan selesai," kata Jokowi.

"Dan jangan sampai uang hanya diberikan kepada mall. Izin pemberhentian pembangunan mall sudah dihentikan, sudah moratorium," ujar mantan Walikota Solo itu. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.